Find Here

Custom Search

Kamis, 18 Februari 2010

Mendaftar ke Search Engine

Blog yang kita buat tentunya ingin dibaca oleh orang lain dong? Apalagi bila tulisan-tulisan yang kita sajikan sangat informatif. Dan bila ditelaah lebih lanjut, tujuan kita membuat blog juga agar banyak orang yang tahu/membaca apa yang sedang kita sajikan. Istilah umumnya menjadi konsumsi publik. Nah, ini dia cara pertama yang harus dilakukan yaitu mendaftar di search engine. Walaupun untuk blogspot akan langsung terindex oleh google, tidak ada salahnya kita coba. Karena kita bisa  lebih mendeskripsikan blog dengan kata-kata tepat pilihan kita sendiri.

YUK MARIII...

Semua sudah tahu dong, search engine paling besar dan yang paling banyak digunakan?
Yuk, kita praktekkan satu per satu...
  • Google
          Untuk mendaftarkan blog di mesin pencari #1 ini, silahkan klik disini. Nantinya kita diminta memasukkan alamat/URL, deskripsi singkat mengenai isi blog pada kolom-kolom yang telah disediakan. Dan tunggu hingga proses selesai. Untuk mengecek lebih lanjut, kita bisa mencoba search di google dengan kata kunci yang kita tuliskan tadi. Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut sepertinya, karena ini terbilang mudah.
  • Yahoo!
           Sekarang kita akan coba di Yahoo!, alamat yang kita tuju... klik disini. Tetapi untuk mendaftar ke search engine ini, kita harus mempunyai account email Yahoo! dulu. Tidak susah dong untuk membuat email di Yahoo!...? Dan rata-rata dari pengguna internet juga lebih sering menggunakan Yahoo! sebagai account emailnya... Ya, kan?
Disini selain URL dari blog kita juga bisa masukkan atom.xml dari blog kita. Untuk blogger... kita cukup menambahkan atom.xml diakhir url blog kita, untuk blog ini http://ini-blogsaya.blogspot.com/atom.xml.
Tinggal submit dan tunggu beberapa saat hingga ada report proses sukses maka selesai tugas kita di Yahoo!
  •  Bing/MSN
           Sebenarnya semua cara sama mudahnya dan disini pun juga tidak jauh berbeda, masukkan saja URL blog kita. Kemana alamat yang harus dituju? Silahkan klik disini. Submit URL yang dimasukkan dan selesai.

Cuma tiga search engine ini saja yang bisa saya tawarkan. Tapi jangan khawatir ada cara lain yang bisa kita tempuh yaitu dengan memanfaatkan agregator lainnya. Bagaimana caranya? Sama seperti mendaftar di search engine diatas. Yuk kita coba di freewebsubmission, silahkan klik disini.

Yang terakhir, kita lakukan ping saja... Nih alamatnya... klik disini.

Saran saya, lakukan satu per satu ya... Bila blog-nya memang menarik dan tulisannya juga banyak dicari tentu tidak menutup kemungkinan blog anda yang akan berada di posisi #1 pencarian.

Selamat dikunjungi banyak tamu... dan tunggu update lainnya ya...

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap selesai membaca posting, sekiranya anda mau memberi komentar untuk bahan perbaikan penulisan dan posting blog ini.
Terima Kasih...