Find Here

Custom Search

Senin, 22 Februari 2010

Persiapan Masuk PTN 2010

Sejak beberapa tahun lalu sudah ada beberapa perguruan tinggi yang membuka jalur seleksi khusus untuk menyaring mahasiswa baru. Dan untuk tahun ini juga berlaku hal yang sama, mungkin lebih banyak dibanding saya lulus SMU tahun-tahun dulu. Karena lebih awal seleksinya, jangan terlalu terburu-buru juga untuk mendaftar ke semua seleksi yang diadakan perguruan tinggi tersebut. Siswa/siswi kelas tiga SMU harus lebih kritis terhadap pilihan masa depannya.

Ada beberapa informasi berdasar pengalaman saya sendiri yang ingin saya share disini. Tidak harus diikuti, setidaknya tahu saja itu sudah cukup kok.

Pertama,
cari informasi sebanyak-banyaknya tentang fakultas/jurusan yang ingin diambil sebagai bekal persiapan rencana masa depan. Bisa memperkirakan target kerja bila telah lulus walaupun itu masih sangat lama. Pandang jauh ke depan apa yang ingin dicapai, pilih jalan yang bisa ditempuh. Setidaknya kita tahu arah mengapa kita memilih jurusan tersebut jangan sampai terjebak pada pilihan-pilihan orang yang sebenarnya tidak sesuai/tidak kita sukai. Ingat, kita sendirilah yang paling mengenal kemampuan kita. Caranya bisa bertanya kepada orang tua, teman yang sudah kuliah, buku, majalah atau bisa langsung ke kampusnya bila memungkinkan. Rencanakan untuk 2 atau 3 pertimbangan jurusan yang akan diambil.

Kedua,
cari tahu kampus yang mempunyai fakultas/jurusan yang diinginkan, usahakan kampus-kampus yang memiliki akreditasi A/B terhadap fakultas/jurusan tersebut. Berdasar pengalaman saja, akreditasi A lebih mampu bersaing bila ingin menjadi CPNS (lebih diutamakan).

Ketiga,
pelajari peta persaingan. Sekedar cek saja berapa jumlah mahasiswa tahun lalu yang diterima dan mendaftar agar kita bisa mempersiapkan diri untuk bertempur baik dari jalur seleksi khusus maupun nasional. Artinya seberapa tinggi tingkat persaingan pada jurusan tersebut.

Keempat,
coba bandingkan passing grade yang dikeluarkan fakultas tersebut dengan passing grade sementara hasil TO. Untuk yang pernah TO, tentu sudah mengerti. Tapi bila belum pernah usahakan untuk ikut, tidak apa sekali-sekali mengikuti TO untuk tahu seberapa tinggi hasil yang didapat sehingga kita bisa lebih meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas belajarnya sekalian tahu juga tipe-tipe soal yang akan diujikan nanti.

Kelima, berdoa. Jangan sekali-sekali meninggalkan kewajiban sebagai individu beragama. Apapun yang ingin dilakukan tidak lepas dari ijin Allah SWT (saya muslim). Apa yang kita anggap baik tidak selamanya baik pula di mata Sang Pencipta. Berhubung semua itu misteri, jadi mohon lah agar apa yang kita pilih dan usahakan di ridhoi-Nya.

Sementara hanya itu yang bisa saya share, mudah-mudahan berguna. Nanti saya lanjutkan lagi informasinya...

Raih masa depan mulai saat ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap selesai membaca posting, sekiranya anda mau memberi komentar untuk bahan perbaikan penulisan dan posting blog ini.
Terima Kasih...