Find Here

Custom Search

Kamis, 18 Maret 2010

Sidebar Melorot Kebawah

Masalah sidebar yang melorot seperti celana kedodoran cukup membuat hati jengkel.  Kadangkala yang membuat kita pusing tujuh keliling adalah tidak diketahui penyebab pastinya. Contohnya saat  kemarin membuka blog tampilannya baik-baik saja, tidak melakukan edit atau menambah posting tetapi begitu  blog dibuka lagi kok tampilannya jadi amburadul... Huuuhhhh!

Pengalaman ini membuat saya sibuk dan sedikit panik. Tetapi karena sudah terjadi, yaaa... senyum saja dulu. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya di Google.


Dari hasil pencarian tersebut diketahui beberapa hal sebagai berikut :
  1. Salah perhitungan width. Perhatikan tiga element penting width, yaitu #main-wrapper, #sidebar-wrapper dan padding pada masing-masing wrapper. Jumlahnya tidak melebihi width keseluruhan dari blog. Hitung kembali width-nya ya :)
  2. Memasukkan gambar pada posting yang terlalu besar. Biasanya gambar pada posting yang terlalu besar membuat badan dari posting itu melebar dengan sendirinya.
  3. Menambah widget yang lebarnya tidak sesuai dengan sidebar. Selalu perhatikan lebar widget yang ingin dipasang pada sidebar ya :)
  4. Bisa juga saat mengedit CSS/HTML pada bagian yang ada <div ....> tidak langsung ditutup dengan </div>, seolah-olah tergabung menjadi satu dengan sidebar yang lain.
  5. OS/browser yang digunakan untuk membuka blog tidak mampu membaca dengan baik kode HTML yang dibuat. Ini terjadi pada saya saat mengedit menggunakan OS Windows 7, saat selesai mengedit tampilan blog sudah bagus dan dicek beberapa kali. Tetapi begitu saya iseng cek melalui komputer lain/OS XP malah yang rapih tadi jadi berantakan (sidebar melorot). Windows Explorer dan Mozilla juga tidak sama mengartikan kode HTML blog saya. Sekarang saya memilih menggunakan Mozilla saja karena kebanyakan pengunjung yang mampir ke blog saya menggunakan Mozilla (warnet-warnet juga).
Ini sepenggal pengalaman saya, mudah-mudahan teman-teman yang mengalami masalah serupa dapat memperbaiki blognya. Lakukan dengan sabar saja, karena sayang kalau harus mengganti template seperti kebanyakan blog-blog lain yang mengalami masalah serupa.

Satu lagi yang bisa saya sarankan adalah selalu tersenyum bila belum berhasil juga pada percobaan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya dalam mengedit.  Karena senyum bisa merangsang otak untuk lebih kreatif sehingga akan lebih cepat mendapat pemecahan masalah.



0 komentar:

Posting Komentar

Setiap selesai membaca posting, sekiranya anda mau memberi komentar untuk bahan perbaikan penulisan dan posting blog ini.
Terima Kasih...